Postingan Populer

Pages

11 Wisata Alam Liar Terbaik di Bali


Menyelam di Pantai Tulamben (Foto: travelerbali)
Menyelam di Pantai Tulamben (Foto: travelerbali)
BERWISATA memiliki manfaat rileksasi tubuh dan pikiran dari kepenatan. Bagi sebagian orang, rileksasi itu adalah petualangan mendebarkan di alam liar.

Bali menjadi destinasi favorit untuk wisata air. Banyak aktivitas bisa dilakukan selama Anda menggeluti wisata air. Tak percaya, tempat-tempat yang direkomendasikan dalam buku Pariwisata Nusantara 2011 oleh Kemebudpar RI berikut bisa menjadi jawabannya:

Menyelam di Tulamben

Pantai Tulamben terkenal sebagai salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia kategori keragaman biota lautnya. Pantai yang terletak di sebelah Timur Laut Pulau Bali ini menghadap Selat Lombok yang kaya akan bahan makanan bagi biota laut. Bahkan, beberapa penyelam pernah menemukan ikan mola-mola, hiu martil, dan paus hiu di perairan ini.

Di perairan Tulamben, Anda akan menemukan bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada 1963 akibat gempa bumi dan meletusnya Gunung Agung. Posisi bangkai kapal yang membujur dengan kemiringan 45 derajat di dasar laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyelam. Kini, bangkai kapal tersebut menjadi tempat berkumpulnya beberapa jenis kehidupan dasar laut Perairan Tulamben. Karena itulah, menyelami dunia bahwa air Tulamben menjadi sensasi tersendiri bagi para penyelam.

Desa Tulamben berada di sekira 125 kilometer Timur Laut Denpasar, Kabupaten Karang Asem, Bali. Untuk bisa menuju ke pantai di desa ini, jarak tempuhnya sekira 3 jam dari Kuta menggunakan mobil.

Menyelam di Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung. Dari Bali, letaknya dipisahkan oleh Selat Badung. Di pulau ini, Anda dapat melakukan snorkeling ataupun diving karena pemandangan terumbu karang di sekitar Pulau Nusa Lembongan begitu memukau. Di sini pun tersedia penyewaan peralatan untuk snorkeling ataupun diving.
Nusa Lembongan bisa ditempuh dengan dua cara lewat laut. Pertama, melalui Pantai Sanur-Pulau Nusa Lembongan perjalanan dua jam menggunakan perahu motor. Dan kedua, melalui Pelabuhan Benoa-Pulau Nusa Lembongan perjalanan sekira 1,5 jam dengan kapal pesiar Bounty Cruises dan Bali Hal Cruises.

Petualangan di Tanjung Benoa

Tanjung Benoa terletak di sebelah utara kawasan Nusa Dua. Tempat ini sangat menyenangkan untuk melakukan berbagai olahraga dan rekreasi air, seperti jetski, snorkeling, parasailing, diving, berlayar, berselancar, melihat pemandangan bawah laut dengan glassbottom boat, dan berbagai olahraga air lainnya.

Kegiatan biasanya dimulai pagi hari sekira pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Lewat pukul 12.00, air akan surut dan Anda tidak bisa menikmati permainan-permainan lagi karena botany tidak bisa digunakan.

Anda tidak usah khawatir karena di sini disediakan instruktur-instruktur yang andal sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan untuk Anda ketika menikmati permainan. Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda bisa berkendara mobil selama 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur, atau 20 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Berselancar di Sanur

Pantai Sanur merupakan tempat bagi wisatawan yang datang ke Bali untuk mencari sea, sand, and sun. Pantainya lebar denga pasir putihnya serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga air, seperti selancar angin, parasailing, dan mendayung.

Menjelajahi Goa Gajah

Goa Gajah terletak di Desa Beduli, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, kurang lebih 26 kilometer dari Denpasar. Goa ini dikelilingi oleh persawahan dengan pemandangan keindahan Sungai Petanu.

Di goa ini, kaum Brahmana mengadakan Tapa Brata. Jika masuk ke dalam goa, di kanan kiri, dan ujung gua terdapat tempat untuk melakukan semadi yoga. Di luar area goa terdapat Patung Ganeca dan tempat pemandian yang masih digunakan oleh penduduk desa sampai sekarang.
(ftr)
 
Menjajal bungy jumping (Foto: kwongeats.blogspot)
Menjajal bungy jumping (Foto: kwongeats.blogspot)
MEMACU adrenalin bisa dengan banyak cara, termasuk wisata di alam liar. Beberapa destinasi di Bali siap memberikan petualangan seru untuk Anda.

Berikut beberapa lokasi wisata di Bali yang menawarkan pengalaman di alam liar, seperti dilansir dari buku Pariwisata Nusantara 2011 oleh Kemenbudpar RI.

Menyelam di Nusa Penida
Nusa Penida merupakan kawasan pariwisata yang memiliki daya tarik yang potensial untuk dikunjungi. Kawasan yang terletak di sebelah timur Pulau Bali ini terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Lembongan, Ceningan, dan Nusa Besar (Nusa Penida).

Deretan pantai berpasir maupun berkarang dengan berbagai kegiatan wisata bahari dan budaya menjadi andalan daya tarik wisata Nusa Penida. Alam bawah laut Nusa Penida juga sangat terkenal keindahannya.

Kawasan taman laut yang tersebar di hampir seluruh perairan pulau, didukung oleh airnya yang jernih dan bersih, menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan menyelam dan snorkeling di wilayah ini meskipun belum begitu optimal. Jika menyelam di tempat ini, Anda akan menemukan beberapa spesies khas Nusa Penida, misalnya ikan dugong, hiu sirip putih, kima, manta ray, dan napoleon.

Menuju Nusa Penida, ada tiga cara melalui jalan laut yang bisa Anda tempuh. Pertama, Pantai Sanur-Pulau Nusa Penida perjalanan 2 jam dengan perahu motor. Kedua, Pelabuhan Benoa-Pulau Nusa Penida perjalanan 1,5 jam dengan kapal pesiar Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises. Dan ketiga, Pelabuhan Padang Bay-Pelabuhan Mentigi, Nusa Penida perjalanan 1,5 jam menggunakan kapal feri.

Berselancar di Pantai Canggu

Pantai Canggu merupakan sehamparan pantai indah alami yang terletak hanya beberapa kilometer di sebelah utara Pantai Legian dan mudah dijangkau melalui Desa Kerobokan belok ke kiri. Sama seperti pantai-pantai lain di sebelahnya, Pantai Canggu menawakan gelombang laut yang khusus bagi penggemar olahraga selancar.

Demikian juga dengan peselancar yang belum berpengalaman dengan gelombang pantai karang, Canggu akan memberikan pengalaman pertama yang mengasyikkan. Sebagai bagian dari perluasan Pantai Kuta, Canggu juga sudah memersiapkan fasilitas kepariwisataan yang diperlukan.

Rafting di Sungai Ayung

Sejak dahulu, Sungai Ayung dikenal sebagai tempat rafting terbaik dan terfavorit di Bali. Berarung jeram di Sungai Ayung memberikan sensasi berbeda dan sangat menantang untuk dicoba. Sungai ini memiliki beberapa jeram yang menantang dan memacu adrenalin Anda.

Rute untuk rafting sejauh 12 kilometer dan dapat ditempuh selama 2 jam. Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang menghijau di sisi kanan dan kiri sungai. Di sungai pun terdapat beberapa air terjun kecil. Selain itu, Anda akan disuguhi keindahan ukiran sepanjang 200 meter yang merupakan karya para seniman Ubud. Sungai Ayung mengalir di pinggir Timur Kabupaten Badung dan juga menjadi perbatasan dengan Kabupaten Gianyar.

Menjajal Bungy Jumping

Atraksi olahraga ini sebenarnya merupakan tradisi suku Maori di Selandia Baru untuk menguji kebenaran para pemuda yang telah menginjak usia dewasa dengan mengikat kedua kakinya pada ranting pepohonan kemudian terjun ke dalam lembah.

Dari Selandia Baru, tradisi ini berkembang pesat di Australia kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia dengan peralatan keamanan standar yang lebih modern. Tinggi tempat meloncat untuk bungy jumping sekira 40 meter, umumnya dari sebuah menara dan di bawahnya ada sebuah kolam minimal sedalam empat meter.

Atraksi menantang ini sangat digemari oleh wisatawan mancanegara serta beberapa wisatawan Nusantara untuk menguji keberanian, namun tidak diperkenankan bagi mereka yang sedang hamil, tekanan darah tinggi, dan mereka yang mempunyai penyakit jantung.

Khusus bungy jumping, Kuta adalah ladangnya. Terdapat beberapa tempat bungy jumping di Kuta, di antaranya AJ Hacket Bungy di Club Double Six (66) Jalan Arjuna, Bali Bungy Co., Jalan Pura Puseh, serta Adrenalin Parks di Jalan Benesari Kuta.

Menjelajahi Goa Jepang

Goa ini berada di Banjarkoripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan. Goa ini terdiri atas 16 lubang dengan kedalaman empat meter. Dua di antaranya tidak berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi di ujung sebelah utara sedangkan lubang yang lainnya berhubungan dan dihubungkan oleh sebuah gang memanjang arah utara selatan.

Goa ini dibangun oleh balatentara Jepang dalam usahanya memertahankan diri dari serangan sekutu pada masa pendudukan Jepang, tepatnya pada 1941. Goa semacam ini, tetapi hanya terdiri atas sebuah lubang yang besar, juga terdapat di Desa Suana Kecamatan Nusa Penida. Goa tersebut dijadikan sebagai tempat pengintaian lalu lintas laut di Selat Lombok.

Menyelam di Menjangan

Menjangan adalah sebuah pulau yang berada di barat daya Bali. Selain sebagai tempat cagar budaya karena beberapa situs ditemukan di sini, di pulau ini juga terdapat tempat menyelam yang sangat indah dengan terumbu karang yang menawan. Untuk penyelaman terbaik di Menjangan biasanya pada April sampai November.



Artikel Terkait